My First Garuda Indonesia Experience : Sebuah Pengalaman Baru

06:00

Dear Readers,
Liburan kali ini saya berkesempatan untuk kembali berkumpul bersama keluarga besar di Kota Pontianak, tempat saya dilahirkan. Rencananya seluruh keluarga besar dari pihak iu saya akan berkumpul di Pontianak untuk merayakan Natal bersama.

Pulang kampung kali ini saya membuat suatu pengalaman baru, terbang dengan maskapai kebanggaan Tanah Air, Garuda Indonesia. Ini kali pertama saya terbang dengan Garuda Indonesia. Setiap perjalanan selalu terselip hal-hal yang menjadi memori tak terlupakan bagi saya. Berikut laporannya. Enjoy!






Pukul 07.20 menit, bus Primajasa tiba di terminal keberangkatan 2E dan F. Ini pertama kalinya saya berangkat melalui Terminal 2 lhoo…(hehehe….katrok gueee). Waktu keberangkatan 10.30, jadi saya putuskan untuk sarapan pagi dulu. Setelah itu baru masuk untuk check-in.

Suasana check-in counters di terminal 2F. Nice international look.


Inilah barang bawaan saya…travel bag penuh baju dan kardus penuh buah tangan ringan…total setelah ditimbang petugas : 16 kg.




Terus saya ngobrol sama petugasnya :
“Mas, mau request tempat duduk bisa kan?”
“Bisa, Mas. Mau di mana?”
“Hmm…pesawatnya apa mas?”
“Pesawatnya…737.”
“737 seri berapa?”
“Seri…(sembari melihat computer)…sebentar ya..300. Eh, maaf, 400.”
“Oh, kalo begitu…17A deh…”
“Ok, seatnya di 17A ya mas.”


Setelah tahu pesawat yang bakal saya pakai, pupuslah harapan saya naik armada Classics Garuda yang livery baru (B 737-500, PK-GGE dan PK-GGF).

“Hmm…yasudahlah, lagipula kalau dapat 737-400, ini bakal tetap menyenangkan, karena ini juga pertama kalinya naik 737-400.”, pikir saya.

Setelah itu, saya masuk ke aula keberangkatan 2F, duduk di salah satu kursi yang menghadap ke apron. Dan…oh my God, ini pertama kali saya melihat A330-200 Garuda berbalut baju baru secara langsung. Aslinya benar-benar cantik. (Selama ini kan ngeliatnya dari Indoflyer atau Airliners.net doang)



Karena boarding-nya masih lama, jalan-jalan dulu ahh…jelajahi aula keberangkatan 2F.




Setelah puas jalan-jalan, saya menuju Gate F4…but, wait, I found something interesting here…”Let’s try it, Rico…


Ta daa…Gate F4 (sounds like Chinese boyband...)


Suasana Gate F4…


Wait! apaan tuh??


Dalam pikiran saya, “Kan kata petugasnya B 737-400, apa mungkin udah di-repaint ya? Atau mungkin itu yang ke Jogja? Eh tapi kan yang ke Jogja udah berangkat… Ahh ga mau ge-er dulu dah…

Daripada pusing, mending nyepot kecil-kecilan…



“Panggilan kepada penumpang Garuda Indonesia GA 502 tujuan Pontianak, dipersilakan naik ke pesawat udara.” Saatnya masuk pesawat.
Melihat petugas dan aircrew yang tadi pada masuk ke pesawat misterius itu…semakin yakin kalau itu pesawat yang bakal saya tumpangi…dan…
OH THANKS GOD!!! You make my dream comes true! naik pesawat berlivery baru...PK-GGF! Horeeee...


Merinding…masih gak percaya…berasa mimpi…masih sempet mikir “Tuh petugas check-in counter emang salah nyebut atau ngerjain biar surprise ya?”…wkwkwk


Pas masuk pesawat, disambut dengan salam khas Garuda Indonesia Experience… sorry no pics for it. Dan ketemu deh seat 17A…berikut ini views dari seat 17A…




Dikejutkan dengan Boeing 737-800 PK-GMD yang baru masuk…wiiiww…


Boeing 747-400 EC-KQC yang disewa Garuda pushback


Dari sumber suara, terdengar pilot sedang menerangkan penerbangan hari ini.
"Penerbangan ini akan dipimpin oleh Captain Hilman dan Co-Pilot Jimmy. Penerbangan ke Pontianak akan ditempuh dalam waktu 1 jam dan 10 menit dengan ketinggian jelajah 33.000 kaki. Kita akan terbang melintasi Laut Jawa, Kota Tanjungpandan, dan langsung menuju Pontianak…"

after that…safety demonstration via TV…another my new experience.


pushback…keluarga 737NG di sisi Terminal 3


Menuju runway…


Ada dede Citilink baru datang…


Boeing 737-200 punya Merpati. Namanya Mbe... PK-MBE


Giliran kita bro…go GGF!


tancaaaappp kapteeeennn...


Rotate…tepat di depan Terminal 3


Terminal 2


GMF AeroAsia


Kepulauan Seribu… nuansa Nusantara yang indah sekali…awesome God!


Ingat iklan Garuda : "mengagumi...bumi pertiwi."


Setelah lampu tanda pemakaian sabuk pengaman dipadamkan, pramugaranya membagikan makanan dan minuman… saatnya INFLIGHT MEAL TIME!
Isinya adalah…eeenggg iinggg eeennnggg…


Nasi Goreng Rendang…selamat makaaaannn…
“…mencicipi sajian khas ala negeri, yang kaya citarasa…”


Saat makan siang kita melewati Tanjungpandan...


Enak! Tancap terusssss…sampai…


Sambil menunggu perut selesai bergerilya…ambil foto dulu
Dari ketinggian jelajah 33.000 kaki…



Suasana kabin saat itu…


baca safety card barunya...masih kinclong...(Siapa yang doyan koleksi? hehehe)


Baca inflight magazine dulu.


Salah satu bacaan menarik bagi saya dalam majalah itu.


Fleet facts-nya sudah diperbarui di livery-nya, namun gambar pesawat belum sepenuhnya diperbaiki.


Ini fleet fact pesawat yang sedang ditunggangi…


Sudah agak nyaman perutnya…mata sudah melirik catalog Garuda Shop…let’s shoppiiiiinggg!


Ini dia yang menjadi incaran…aahhh bagus-bagus


RED ALERT : RACUN DUNIA !


Sang kapten mengumumkan bahwa pesawat sudah turun dari ketinggian jelajah…saat ini kita berada pada ketinggian 25.000 kaki…


Awalnya sih pengen order buat Garuda Shop, tiba-tiba dari speaker terdengar suara FA-nya, “Saat ini kita memasuki cuaca buruk. Kami mohon Anda untuk kembali ke tempat duduk dan mengenakan sabuk pengaman.” Ga jadi deh ordernya…huhuhu…
Mulai masuk awan tebal…biasaaa..bulan Desember


Ber-turbulence-ria…ini yang saya tunggu…gak ada turbulence = gak rame


Terlihatlah sebagian kecil kota Pontianak…sudah semakin dekat


Dan salah satu trademark-nya, Jembatan Kapuas…


Masuk awan tebal lagi…kali ini sayap pesawat hampir gak kelihatan…hujan deras


Banking…di sekitar Siantan…


"Flight attendant, landing position."
Mendung dan hujan…


lewat Jembatan Kapuas II


Jalan Arteri Bandara Supadio…terlihat jelas…


Touchdown! Bluuussssss…waw! Ini touchdown paling smooth yang pernah saya rasa.


Reverse…spectacular waterspray…


Raindrops at the window…gak pernah naik pesawat pas hujan sebelumnya...another new experience


Berputar di RWY 33…


Masuk lewat Alpha…terlihat Lion sudah siap lepas landas…



Wow…double spectacular waterspray! (sorry, lil’ bit shaky and blur )


Twins of Batavia Boeing 737-300…


parkir sebelahan sama PK-YVU


Bus penjemputnya sudah datang…Hujan mulai turun…


Sebelum keluar pesawat lewat pintu belakang, foto wajib dulu, tapi sama pramugaranya saja…pramugarinya di depan…ga mungkin lari lagi ke depan khan, mana ujan…


“Sebentuk sayap”


Foto wajib trip report – katanya…hehehe



Very pleasant flight experience with you...
See you, Golf Golf Foxtrot.


Thank you, my first Garuda Indonesia.

You Might Also Like

3 comments

  1. Luar Biasa, jika saya ada di dalam penerbngan itu..sudah pucat pasi dan gemetaran sambil berteriak, salut buat mas.. bisa tenang-tenang saja malah pingin yang ada turbulence dan guncangan..

    ReplyDelete
  2. baguuussss bang :-) pas baca itu terasa terbawa suasana... hohoho..
    keyen keyen..salut buat bang rico :-D

    ReplyDelete

Like us on Facebook

Instagram